Terpilihnya Pengurus OSIS 2009/2010

Assalamu'alaikum wr. wb

Disini aku akan menceritakan perjalananku dari awal lagi sampai akhir. Di entri sebelumnya ada (kalau tidak salah) Diterima OSIS, aku menceritakan dimana aku mengikuti seleksi Pengurus OSIS waktu aku kelas 7.

Sekarang aku kelas 8 dan tepat pada tanggal 10 November 2009 kemarin, aku dan teman-temanku melaksanakan Pelantika Pengurus OSIS Periode 2009/2010. Senang sekali, tapi kami harus mengemban amanah yang sangat berat dimana Pengurus OSIS harus dapat memberikan contoh yang baik dalam perkatann, perbuatan, pikiriran, dan perilaku bermasyarkat. Mamang sangat berat sekali, tapi jika kita selalu mengingat dan melaksanakan dengan hati ikhlas dan rasa bertanggungjawab yang tinggi. Amanah itu terasa mudah dan menyenangkan.

Aku ingin cerita saat tahap pertama Pendaftaran Pengurus OSIS. Tahap pertama berjalan selama 5 hari. Aku sempat tidak diperbolehkan dengan orang tuaku, tapi karena dorongan teman-temanku aku tergerak dan ingin mengikuti dan meminta izin. Memang kalau orang mau berusaha pasti ada jalan. Aku diizinkan dan akhirnya aku mengambil teks formulir pendaftaran. Melengkapi semua administrasi yang harus dilengkapi agar dapat nilai.

Tes Kedua Tes Potensi Akademik, disini tidak ada cerita yang begitu menarik. Tapi di seleksi Pengurus OSIS tahun ini baru kali ini diadakan Tes Potensi Akademik. Katanya Pengurus OSIS harus pintar dalam Akademik, agar tidak ada lagi kata bahwa Pengurus OSIS menyita waktu belajar, jadi membuat anak lemah dalam belajar.

Tes Ketiga tes Intelegent (setelah itu aku tidak tahu kepanjangannya "Q") bisa disingkat IQ. Disini, sekali lagi, baru pertama kali ada seleksi Pengurus OSIS yang seketat dan seribet ini. IQ kita diui, jika IQ-nya rendah, bisa jadi saat menjadi pengurus OSIS yang sibuk kita lemah dan jadi LEMOT dalam belajar (gak connect-connect gitu lho).

Tes Keempat tes Kepemimpinan. Percuma jika Pengurus OSIS pintar tapi dalam Kepemimpinan Lemah, dan kurang cekatan. Maka, ini perlu dan dalam setiap tes pengurus OSIS yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Karena ini sebagai pondasi awal penilaian Calon Kandidat Pengurus OSIS.

Tes Kelima tes Wawancara. disini nyali Calon kandidat Pengurus OSIS diuji. Bagaimanakah mereka bertahan demi mencapai Kursi Pengurus OSIS. Saat tes Kelima ini, aku kebagian jatah hari terakhir tepatnya hari Jumat bersama teman-teman yang lain. Aku memulai wawancara pada Putaran terakhir dari Hari terakhir, tepatnya no 2 dari belakang daftar yang terwawancarai. Aku dapat senior yang lumayan tegas dan berwibawa dengan pertanyaan yang cukup menggugah adrenalin. Setelah wawancara dengan kakak senior aku disuruh untuk menuju meja pembina dan memulai lagi wawancara tapi dengan orang yang berbeda. Tepatnya dengan Pembina OSIS dan Urusan Kesiswaan. Disini aku cukup tegang dan sangat nerfus (sekali). Ada insiden dimana administrasiku dicoret gara-gara satu pertanyaan yang disuruh memilih antara Pramuka atau OSIS. dan aku menjawab dengan jujur dan sedikit tegang, aku memilih PRAMUKA. Saat itu Pembinaku agak kecewa dan bilang "Buat apa kalian ikut pendaftaran OSIS tapi dalam benak kalaian,kalaian lebih memilih PRAMUKA. Ingat kalian itu belum Professional, apakah kamu bisa membagi kedua organisasi itu secara bersamaan". aku bingung dan sedikit menyesal.

Tes Keenam, yaitu LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)aku mendapat kelompok dengan personil Yusakti, Salfiyah, Linda, Uzi, Tian, Brilliant, Rofie, Bima, Okta. Kelompok kami bernama Gryffindor. yang mempunyai arti dalam film Harry Potter asrama Gryffindor ialah asrama dimana isinya ialah Calon Pemimpin, pemberani, berwibawa, dan dapat dipercaya. Maka dari itu aku dan teman-temanku mengadopsi nama asrama itu menjadi nama kelompok kami. Saat LDK isinya cuma Materi, kami diberi pengarah. Dan sampai tanggal 5 November 2009, pengumuman Pengurus OSIS. Kami disuruh membuka bersama-sama diluar SMP 1 Wonogiri, saat membuka kami dilarang memberikan ekspresi apapun. Yang terpilih dan diterima masuk ke kelas 8a untuk mendapatkan pengarahan Pelantikan. Yang tidak diterima dapat pulang menuju rumah masing-masing. Alhamdulillah, aku terpilih menjadi Pengurus OSIS untuk Kedua kalinya. Senang sekali akhirnya aku bisa memberikan pengabdianku lagi untuk satu tahun kedepan.

Tanggal 5-10 November ialah masa-masa dimana kita akan persiapan Pelantikan. Moment yang sangat penting dan rugi bila ditinggalkan. Tepat tanggal 10 November (1 tahun kepengurusan OSIS 2008/2009) kami dilantik dan domisioner.

Tuntas sudah semua tes untuk dapat menjadi salah satu Pengurus OSIS. Tapi, setelah ini tantangan akan datang. Hanya amanahlah yang dapat mengingatkan kita (abie wie). jika kita selalu ingat dan menjalankan amanah itu dengan hati ikhlas maka kita akan mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan yang kita harapkan. Maka dari itu, Jangan Cepat Merasa Puas (abie wie). Dan bulang depan sekitar akhir Desember akan diadakan tes terakhir dan itu hanya untuk pengurus OSIS yang terpilih saja.

Maaf jika ada kata yang kurang berkenan, dan maaf juga aku menerbitkan ini lama setelah aku Pelantikan. Karena terbatasnya waktu, hingga sekarang aku akhirnya dapat menerbitkan entriku ini.

Wassalamu'alaikum wr. wb

posted under |

1 komentar:

meyla revin mengatakan...

makasih infonya :)

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments